Beranda » Informasi » Perbedaan Antara Reverse Osmosis dan Carbon Filtration

Perbedaan Antara Reverse Osmosis dan Carbon Filtration

T Diposting oleh pada 7 Desember 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 304 kali

Salah satu pertanyaan umum yang kami terima adalah tentang pilihan untuk penyaringan air minum.

Dua teknologi yang sudah banyak dipakai untuk penyaringan air minum adalah filter berbasis karbon dan penyaringan reverse osmosis.

Mereka jelas merupakan teknologi yang berbeda dengan tingkat kualitas air minum yang sangat berbeda.

Filter Karbon
Penyaringan karbon adalah salah satu teknologi tertua di planet ini. Filter jenis ini mencakup spektrum pilihan yang luas.

Filter yang lebih baik adalah karbon dalam bentuk blok, beberapa di antaranya adalah “karbon aktif” atau sejenisnya. Sebagian besar dari ini akan menghilangkan lebih banyak klorin.

Filter karbon berkualitas tinggi seringkali lebih efektif daripada sistem reverse osmosis kualitas rendah. karbon kualitas tinggi menghilangkan 99,99% klorin. dan juga akan menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap dan logam berat.

Sistem reverse osmosis akan menggunakan karbon filter kualitas tinggi dan sering disebut “taste and odor” filter.

Reverse Osmosis

Reverse osmosis (Osmosis terbalik) atau RO adalah suatu metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul besar dan ion-ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan ketika larutan itu berada di salah satu sisi membran seleksi (lapisan penyaring). Proses tersebut menjadikan zat terlarut terendap di lapisan yang dialiri tekanan sehingga zat pelarut murni bisa mengalir ke lapisan berikutnya. Membran seleksi itu harus bersifat selektif atau bisa memilah yang artinya bisa dilewati zat pelarutnya (atau bagian lebih kecil dari larutan) tetapi tidak bisa dilewati zat terlarut seperti molekul berukuran besar dan ion-ion. Osmosis adalah sebuah fenomena alam yang terjadi dalam sel makhluk hidup dimana molekul pelarut (biasanya air) akan mengalir dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah Berkonsentrasi tinggi melalui sebuah membran semipermeabel. Membran semipermeabel ini menunjuk ke membran sel atau membran apa pun yang memiliki struktur yang mirip atau bagian dari membran sel. Gerakan dari pelarut berlanjut sampai sebuah konsentrasi yang seimbang tercapai di kedua sisi membran.

Reverse osmosis adalah sebuah proses pemaksaan sebuah terlarut dari sebuah daerah konsentrasi terlarut tinggi melalui sebuah membran ke sebuah daerah terlarut rendah dengan menggunakan sebuah tekanan melebihi tekanan osmotik. Dalam istilah lebih mudah, reverse osmosis adalah mendorong sebuah larutan melalui filter yang menangkap zat terlarut dari satu sisi dan membiarkan pendapatan pelarut murni dari sisi satunya.

Proses Water Treatment berbeda-beda, tergantung pada alat dan kondisi air dan kebutuhannya, tetapi prinsip-prinsip dasar yang sebagian besar sama.

Perbedaan

Kedua teknologi ini berbeda. Karbon tidak buruk,  ketika menyangkut air minum, ada perbedaan besar. Perbedaan antara reverse osmosis dan penyaringan karbon adalah ukuran penyaring, itu penting.

Segala sesuatu di air memiliki ukuran. Ini diukur dalam mikron. Sebagian besar filter karbon memiliki peringkat NSF Kelas I. Ini berarti mereka menghapus 85% partikel berukuran 0,5-1 mikron. Reverse osmosis  dapat menyaring hingga 0,001 mikron. Itu adalah perbedaan ukuran sebesar 500x.

Berikut ini tabel cepat tentang item, ukurannya, dan mengapa Anda menggunakan reverse osmosis untuk air minum yang lebih baik:

*Organic Compounds – include Pesticides, Herbicides, and Insecticides.

**Silver-Impregnated Carbon – can control bacterial growth.

***Heavy Metals – include Iron, Lead, Cadmium, and Aluminum.

****Dissolved Solids – include Sodium, Calcium, Magnesium, and inorganic minerals.

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : h2odoctors.com

Jasa Filter Air Asin | Harga Filter Air Asin | Jasa Filter Air Laut

PT. Tirtamakmur Wisesa Abadi (TWA) hadir untuk membantu kebutuhan air bersih di Indonesia, dengan proses Reverse Osmosis (RO), Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), atau desalinasi air laut yang akan mengubah air kotor, air laut, air payau, bau logam, berkerak, Asin menjadi air tawar dan air bersih. Silahkan hubungi nomor HP. 081337752620 atau nomor kantor pusat di Bali di Nomor 0361-4753988 untuk langsung berhubungan dan berdiskusi mengenai masalah air anda. Atau juga bisa melalui emai ke info@tiwa.co.id (tiwa.co.id)

Belum ada Komentar untuk Perbedaan Antara Reverse Osmosis dan Carbon Filtration

Silahkan tulis komentar Anda

a Artikel Terkait Perbedaan Antara Reverse Osmosis dan Carbon Filtration

Filter Air untuk Kondisi Ekstrim

Filter Air untuk Kondisi Ekstrim

T 26 Oktober 2018 F A twadigmark

Osmosis didefinisikan sebagai aliran molekul cairan dari konsentrasi zat terlarut yang sangat rendah hingga jumlah zat terlarut yang tinggi. Reverse osmosis adalah sistem pemurnian air canggih yang digunakan di lingkungan yang ekstrim di seluruh Bumi. Penyaringan di rumah hampir selalu... Selengkapnya

Penjelasan Mengenai BWRO dan SWRO

Penjelasan Mengenai BWRO dan SWRO

T 18 Januari 2019 F A twadigmark

Sistem pemurnian air RO telah terbukti sangat efektif mengatasi permasalahan kualitas air dibandingkan metode pemurnian yang lain seperti karbon aktif, water softener, distilasi, UV, dan netralisasi. Sistem RO dapat memisahkan komponen-komponen yang tidak diinginkan seperti komponen organik, non organik, bakteri,... Selengkapnya

Filter yang Mengubah Air Asin Menjadi Air Tawar Baru Saja Ditingkatkan

Filter yang Mengubah Air Asin Menjadi Air Tawar Baru Saja Ditingkatkan

T 9 November 2018 F A twadigmark

Fasilitas desalinasi di seluruh dunia biasanya menyaring garam dari air laut dengan memompanya melalui film-film yang terbuat dari poliamida – polimer sintetis yang dilubangi dengan pori-pori kecil yang memungkinkan molekul air mengalir, tetapi bukan ion natrium. Tetapi zat organik, bersama... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Water Treatment

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami.

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: