Terobosan Bisa Membuat Air Minum Bersih Tersedia Untuk Miliaran Orang

Dipublikasikan oleh twadigmark pada

Terobosan Bisa Membuat Air Minum Bersih Tersedia Untuk Miliaran Orang

Seseorang dapat hidup sekitar tiga minggu tanpa makanan, tetapi hanya sekitar tiga hari tanpa air. “Anda bisa pergi 100 jam tanpa minum pada suhu rata-rata di luar ruangan,” kata Claude Piantadosi dari Duke University. “Jika lebih dingin, Anda bisa pergi lebih lama. Jika Anda terkena sinar matahari langsung, itu kurang. ”

Minum air dari air laut

Saat ini, lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki akses ke air minum yang bersih dan aman. Pencarian air adalah faktor utama dalam pola migrasi global. Semua orang yang hidup di sekitar sumber air berpotensi meyebabkan konflik dalam komunitas global – konflik yang dapat menyebabkan perang. Seperti yang ada di buku The Rime Of The Ancient Mariner , air laut tidak dapat menopang kehidupan manusia. “Air, air di mana-mana dan bukan setetes untuk diminum,” keluh para pejuang.

Para peneliti di Australia dan AS telah menemukan kelas baru bahan yang disebut kerangka logam-organik, yang memiliki luas permukaan internal terbesar dari substansi yang diketahui. Mirip dengan spons, mereka dapat menangkap, menyimpan, dan melepaskan senyawa kimia. Salah satu kegunaan potensial adalah menghilangkan mineral terlarut dalam air laut untuk membuatnya bisa diminum.

Tim yang membuat penemuan ini terdiri dari profesor Huacheng Zhang, Huanting Wang, dan Zhe Liu di Monash University di Melbourne, profesor Benny Freeman di The University of Texas di Austin, dan Dr Anita Hill dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization, pemimpin Australia lembaga penelitian ilmiah.

Dengan perkembangan lebih lanjut, membran MOF yang mereka buat memiliki potensi untuk melakukan fungsi ganda menghilangkan garam dari air laut dan memisahkan ion logam dengan cara yang sangat efisien dan hemat biaya, menawarkan pendekatan teknologi baru yang revolusioner untuk industri air dan pertambangan. Salah satu aplikasi yang mungkin bisa menghilangkan lithium dari air limbah yang sangat terkontaminasi yang dihasilkan dari operasi fracking.

“Prospek menggunakan MOFs untuk penyaringan air berkelanjutan sangat menarik dari sudut pandang publik, sementara memberikan cara yang lebih baik untuk mengekstrak ion lithium untuk memenuhi permintaan global dapat menciptakan industri baru untuk Australia,” kata Dr Hill. Hari ini, menciptakan air minum dari air laut adalah proses yang sangat membutuhkan energi tinggi yang melibatkan distilasi, atau proses yang lambat yang melibatkan memaksa sumber air melalui membran dalam proses yang dikenal sebagai reverse osmosis.

Profesor Huanting Wang mengatakan, “Kami dapat menggunakan temuan kami untuk mengatasi tantangan desalinasi air. Alih-alih mengandalkan proses mahal dan intensif energi saat ini, penelitian ini membuka potensi untuk menghilangkan ion garam dari air dengan cara yang jauh lebih hemat energi dan ramah lingkungan. ”

Jasa Filter Air Asin | Harga Filter Air Asin | Jasa Filter Air Laut

Kategori: Informasi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder
WhatsApp WhatsApp us