SWRO Menjadi Solusi Kebutuhan Air Bersih

Dipublikasikan oleh twadigmark pada

Filter Air di Bali

Sering terdengar ketika musim kemarau mulai datang maka masyarakat yang tinggal di daerah pantai atau pulau kecil mulai kekurangan air. Air hujan yang merupakan sumber air taaar yang telah disiapkan di bak penampung air hujan namun tidak dapat mencukupi kebutuhan pada musim kemarau.  Bahkan yang lebih parahnya lagi bagi masyarakat yangtinggal di timur tengah yang merupakan daerah gurun pasir yang susah sekali untuk mendapatkan sumber air, apa lagi air bersih.

Pengembangan SWRO menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan air layak konsumsi masyarakat khususnya di daerah kepulauan. Tak hanya air laut, SWRO juga dapat digunakan untuk menyaring air permukaan.

Untuk memenuhi kebutuhan akan air tawar para ahli telah mengembangkan sistem pengolahan air laut/payau dengan teknologi membran semipermeabel. membran (selaput) semipermeabel adalah suatu selaput penyaring air skala molekul yang dapat ditebus olehmolekul air dengan mudah, akan tetapi tidak dapat atau sulit sekali dilalui oleh molekul  lain yang lebih besar dari molekul air.

Teknologi pengolahan air laut  Sea Water Reverse Osmosis menggunakan proses membrane.Pemisahan air dari kandungan mineral dan mikro organisme yang tidak dikehendaki di dasarkan pada proses penyaringan dengan skala molekul. untuk menghasilkan air tawar(air murni), pemompaan dilakukan dengan tekanan tinggi ke modul membrane yang mempunyaidua outlet yaitu outlet yang menhasilkan air tawar (air bersih) dan outlet yang menghasilkanair garam mineral yang telah dipekatkan

Kategori: FeaturedInformasi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder
WhatsApp WhatsApp us