Beranda » Informasi » Sejarah Singkat Reverse Osmosis

Sejarah Singkat Reverse Osmosis

T Diposting oleh pada 5 Oktober 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 2277 kali

Sejarah Reverse Osmosis

 

Reverse osmosis (RO)

Jean-Antoine Nollet

Proses osmosis melalui membran semipermeabel pertama kali diamati pada tahun 1748 oleh Jean-Antoine Nollet. Untuk 200 tahun berikutnya, osmosis hanya fenomena yang diamati di laboratorium. Pada tahun 1949, University of California di Los Angeles pertama kali menyelidiki desalinasi air laut dengan menggunakan membran semipermeabel.

Para peneliti dari kedua University of California di Los Angeles dan University of Florida berhasil memproduksi air tawar dari air laut di pertengahan 1950-an, tetapi fluks itu terlalu rendah untuk menjadi komersial.

Hingga ditemukannya di University of California di Los Angeles oleh Sidney Loeb  dan Srinivasa Sourirajan di Dewan Riset Nasional Kanada, Ottawa, teknik untuk membuat membran asimetris ditandai dengan efektif tipis “kulit” lapisan didukung di atas sebuah wilayah substrat yang sangat berpori dan lebih tebal dari membran.

John Cadotte, dari Filmtec Corporation, menemukan bahwa membran dengan fluks yang sangat tinggi dan bagian rendah garam bisa dibuat oleh polimerisasi antar muka dari m-fenilena diamina dan trimesoyl klorida. Paten Cadotte pada proses ini adalah subjek litigasi. Sejak kadaluwarsa, hampir semua membran reverse osmosis komersial sekarang dibuat dengan metode ini.

 

Pada tahun 1977 Cape Coral, Florida menjadi kotamadya pertama di Amerika Serikat yang menggunakan proses RO pada skala besar dengan kapasitas operasi awal 3 juta galon per hari. Pada tahun 1985, karena pertumbuhan yang cepat dalam populasi Cape Coral, kota memiliki kapasitas terbesar pabrik reverse osmosis di dunia, mampu menghasilkan 15 juta galon / hari (MGD).

 

Reverse osmosis (RO) adalah teknologi pemurnian air yang menggunakan membran semipermeabel untuk menghilangkan partikel yang lebih besar dari air minum. Dalam reverse osmosis, tekanan diterapkan digunakan untuk mengatasi tekanan osmotik, properti koligatif, yang didorong oleh potensi kimia, parameter termodinamika. RO dapat menghapus banyak jenis molekul dan ion dari air, termasuk bakteri, dan digunakan dalam kedua proses industri dan produksi air minum. Prinsipnya adalah bahwa zat terlarut dipertahankan pada sisi bertekanan membran dan air murni diperbolehkan untuk lolos ke sisi lain. Untuk menjadi “selektif”, membran ini tidak mengizinkan molekul besar atau ion melalui pori-pori (lubang), tetapi harus memungkinkan komponen yang lebih kecil dari solusi (seperti pelarut) untuk lewat dengan bebas.

Bagan Sejarah Reverse Osmosis

Bagan Sejarah Reverse Osmosis

 

Sumber :
  • Jane Kucera . 2015. Reverse Osmosis Design, Processes and Applications for Engineers. Canada: Scrivener Publishing
  • wikipedia.org/wiki/Reverse_osmosis

 

Belum ada Komentar untuk Sejarah Singkat Reverse Osmosis

Silahkan tulis komentar Anda

a Artikel Terkait Sejarah Singkat Reverse Osmosis

Solusi Mengatasi Kerak pada Pipa Air - THE SCALEWATCHER ENIGMA ELECTRONIC DESCALER INDONESIA

Solusi Mengatasi Kerak – THE SCALEWATCHER ENIGMA ELECTRONIC DESCALER INDONESIA

T 16 Oktober 2019 F A twadigmark

ENiGMA mengatasi kekurangan dari sistem pengolahan air fisik lainnya dengan secara elektronik menghasilkan berbagai frekuensi yang diperlukan, pada intensitas yang tepat, sehingga memastikan hasil yang konsisten pada berbagai aplikasi. Dalam unit generasi kedua yang baru dikembangkan, mikroprosesor industri sudah menggunakan... Selengkapnya

Air limbah di bidang pertanian

Air limbah di bidang pertanian

T 12 Juni 2020 F A twadigmark

Penggunaan pupuk kimia dan pestisida telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir baik di industri maupun pertanian kecil, menjadikan pertanian sebagai sumber pencemaran lingkungan yang potensial. Polusi air tanah dan air permukaan oleh penggunaan air limbah pertanian yang tidak diolah atau... Selengkapnya

Prinsip Reverse Osmosis

Prinsip Reverse Osmosis

T 12 Oktober 2018 F A twadigmark

Prinsip kerja Reverse osmosis adalah proses demineralisasi yang bergantung pada semipermeabel Membran untuk mempengaruhi pemisahan padatan terlarut dari suatu cairan. Sebuah membran semi-permeable, seperti halnya membran yang tersusun dari dinding-dinding sel atau seperti susunan sel pada kantung kemih, bersifat selektif... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Water Treatment

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan kami.

Head Office

Jalan Patih Jelantik Blok Techno No. 3 Central Parkir Kuta – Bali

(0361)  4753518 | +62 81337752620

Find us in Google Map !

Wilayah Layanan

WhatsApp us
%d blogger menyukai ini: