Penjelasan Pembentukan Kerak dan Karat pada Perpipaan

Dipublikasikan oleh twadigmark pada

Penjelasan Pembentukan Kerak dan Karat pada Perpipaan

Air sadah / water hardness , adalah air yang memiliki kandungan mineral tinggi. Air keras terbentuk ketika air meresap melalui endapan batu kapur, kapur atau gipsum yang sebagian besar terdiri dari kalsium dan magnesium karbonat, bikarbonat, dan sulfat.

Kerak terutama disebabkan oleh dua mineral kalsium dan magnesium – mineral ini baik untuk kesehatan tetapi tidak untuk sistem perpipaan. Masalah Kerak muncul ketika timbunan deposit kerak di dalam sistem perpipaan, peralatan atau pada permukaan pipa. Air sadah memiliki ion kalsium yang tinggi: semakin banyak ion kalsium dalam air, air semakin sulit dan menciptakan masala pembentukan kerak.

Kerak ini berkembang karena kalsium dan magnesium. Jadi, Kerak terlihat dalam warna putih pada pipa plastik, tetapi pada pipa logam berwarna coklat karena partikel besi oksida diendapkan bersamaan dengan Kerak . Karat adalah masalah serius jika tidak ditangani dan menyebabkan korosi pada sistem perpipaan.

Masalah yang disebabkan oleh kerak dan karat :

  1. Memblokir dalam sistem perpipaan
  2. Penurunan tekanan air karena mengurangi diameter pipa
  3. Korosi dan karat
  4. Pertumbuhan bakteri
  5. Perbaikan berulang dan penggantian peralatan yang rusak
  6. Kerusakan dan penggantian keseluruhan sistem perpipaan
  7. Biaya energi tinggi di sirkuit air panas dan elemen pemanas
  8. Permukaan kusam di kamar mandi dan dapur
  9. Pembersihan yang agresif membutuhkan bahan kimia
  10. Biaya perawatan tinggi
  11. Produksi lebih rendah karena pemeliharaan dan pembersihan yang sering
  12. Penurunan produktivitas secara keseluruhan

PT. Tirtamakmur Wisesa Abadi (TWA) hadir untuk membantu kebutuhan air bersih di Indonesia, dengan proses Reverse Osmosis (RO), Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), atau desalinasi air laut yang akan mengubah air kotor, air laut, air payau, bau logam, berkerak, Asin menjadi air tawar dan air bersih. Serta melakukan perawatan sistem perpipaan, cooling tower, compressor, condensor, chiller, heat exchanger, diesel, dll. Silahkan hubungi nomor HP. 081337752620 atau nomor kantor pusat di Bali di Nomor 0361-4753988 untuk langsung berhubungan dan berdiskusi mengenai masalah air anda. Atau juga bisa melalui emai ke info@tiwa.co.id

Kategori: Informasi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder
WhatsApp WhatsApp us