Pengertian Backwash / Pencucian Terbalik Filter Air

Dipublikasikan oleh twadigmark pada

Pengertian Backwash Pencucian Terbalik Filter Air

Dalam hal pengolahan air, termasuk pemurnian air dan pengolahan air limbah, pencucian balik atau backwash mengacu pada pemompaan air ke belakang melalui media filter, kadang-kadang termasuk penggunaan udara tekan secara terputus-putus selama proses tersebut. Backwashing adalah bentuk pemeliharaan preventif sehingga media filter dapat digunakan kembali. Di pabrik pengolahan air, pencucian balik dapat menjadi proses otomatis yang dijalankan oleh pengendali logika yang dapat diprogram (PLC). Siklus backwash dijalankan sesuai interval waktu yang ditetapkan, ketika kekeruhan efluen filter lebih besar dari yang seharusnya atau ketika tekanan diferensial di filter melebihi nilai yang ditetapkan.

Filter pengolahan air yang dapat dicuci ulang meliputi rapid sand filters, water softening systems, pressure filters and granular activated carbon (GAC) filters. Filter di-backwash sesuai dengan pengaturan pompa, katup, dan filter yang terkait dengan sistem filtrasi. Saringan pasir lambat dan saringan swa-pembersih menggunakan mekanisme selain mencuci balik untuk menghilangkan partikel yang terperangkap. Agar filter pengolahan air berfungsi, filter harus dibersihkan secara berkala untuk menghilangkan partikel. Pencucian kembali yang tidak efektif adalah salah satu alasan utama mengapa filter pengolahan air gagal.

PT. Tirtamakmur Wisesa Abadi (TWA) hadir untuk membantu kebutuhan air bersih di Indonesia, dengan proses Reverse Osmosis (RO), Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), atau desalinasi air laut yang akan mengubah air kotor, air laut, air payau, bau logam, berkerak, Asin menjadi air tawar dan air bersih. Silahkan hubungi nomor HP. 081337752620 atau nomor kantor pusat di Bali di Nomor 0361-4753988 untuk langsung berhubungan dan berdiskusi mengenai masalah air anda. Atau juga bisa melalui emai ke info@tiwa.co.id

Kategori: Informasi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder
WhatsApp WhatsApp us