Apa itu Water Filter ?

Published by twadigmark on

Water Filter adalah suatu metode untuk menghilangkan kontaminan dari air. Yang berarti menghilangkan semua sedimen dan zat yang tidak diinginkan seperti bahan kimia berbahaya dan penyakit menular dari air. Water filter dapat meningkatkan rasa dan bau serta menurunkan kadar berbagai kontaminan kimia dalam air minum, namun yang harus ingat bahwa tidak ada filter atau kombinasi filter yang mampu menghilangkan semua racun yang ada dalam air kita saat ini.

Sistem Water filter akan menjamin bahwa air minum dapat terbebas dari kontaminan berbahaya seperti bakteri dan logam berat. Sistem Water filter adalah cara efisien untuk meningkatkan kualitas air tanpa menggunakan listrik atau membuang-buang air. Water filter juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah air tertentu seperti sedimen yang tinggi, rasa fluorida atau klorin dan akan berdampak pada peningkatan kesehatan.

Banyak sistem Water filter menggunakan karbon aktif yang menghambat racun mikroskopis yang tidak diinginkan yang mungkin masuk ke dalam air minum. Karena sebagian besar kontaminan air yang berbahaya berasal dari karbon, filter air bisa sangat efektif dalam menjaga air minum Anda tetap aman dan sehat.

Bagaimana Cara Kerja Water Filter?

Filter air biasanya mengandalkan reverse osmosis. Ini adalah proses dimana air yang terkontaminasi akan dipaksa melewati filter halus. Filter memungkinkan air mengalir tetapi menjamin tidak ada kontaminan yang tertinggal.

Kebanyakan orang menggunakan sistem Water filter karena alasan yang berbeda-beda, dan ada banyak keuntungan menyaring air. Berikut beberapa manfaat lain dari air yang disaring:

  1. Dapat menghilangkan logam berat, pestisida, merkuri, timbal, dan arsenik yang ada di dalam air.
  2. Dapat mengurangi jumlah klorin dan bahan kimia lainnya yang ditemukan dalam air keran biasa.
  3. Dapat menghasilkan air minum yang rasanya lebih enak dan berbau karena proses filtrasi dapat menghilangkan kotoran dan bakteri.
  4. Dapat memberi air bersih tanpa menghabiskan banyak uang dari botol air plastik.

Secara keseluruhan, meminum air yang disaring dapat membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit dan membuat kesehatan menjadi lebih baik secara keseluruhan. Dan penyaringan air tidak hanya bermanfaat bagi air minum. Air yang disaring juga dapat digunakan untuk memasak, minum, menyikat gigi, mandi, dan lainnya. Menggunakan air yang disaring berarti terdapat endapan mineral yang sehat dan pH yang sehat dalam air yang Anda konsumsi!

Seberapa Sering Harus Mengganti Filter?

Water filter menghilangkan kontaminan berbahaya yang ditemukan dalam air keran. Jika air Anda tidak disaring dengan benar, Anda bisa meminum bakteri dan bahan kimia yang tidak aman.

Filter ini mengumpulkan semua kotoran dan partikel tambahan yang tidak seharusnya ada di sana. Ini menghilangkan kontaminan, meninggalkan air yang sehat dan tidak tercemar. Maka dari itu diperlukan untuk sering menggantinya karena dapat menyumbat filter sehingga kurang efisien setiap kali digunakan.

Filter biasanya harus diganti setiap 3 hingga 6 bulan. Tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa filter mungkin perlu diganti adalah ketika Anda melihat aliran air melambat atau warnanya menjadi lebih gelap.

Jenis Water Filter

Ada beberapa jenis Water filter yang berbeda, masing-masing dirancang untuk mengatasi kontaminan dan kebutuhan air yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis Water filter tersebut:

Ion Exchange

Filter ion exchange adalah salah satu filter terbaik untuk melunakkan air. Filter ini dapat mengambil air sadah ( keras ) dan membuatnya lebih mudah dicerna dengan mengambil kerak kapur. Filter ini dirancang untuk memisahkan atom-atom zat yang mengkontaminasi untuk menghasilkan ion, kemudian memerangkap ion-ion tersebut dan menghasilkan ion-ion yang kurang baik.

Jenis filter ini menggunakan butiran zeolit ​​yang mengandung ion natrium. Manik-manik ini bertindak sebagai filter dan menjebak semua kontaminan yang masuk dan menggantinya dengan ion natrium yang membuat air terasa lebih lembut dan nikmat.

Activated Carbon

Filter actived carbon adalah salah satu filter air rumah tangga yang paling umum. Ia menggunakan butiran karbon aktif yang menarik dan membatasi kotoran kimia melalui proses penyerapan.

Butiran dari active carbon ini berbahan dasar arang dan merupakan bentuk karbon sangat berpori yang dihasilkan dari pembakaran kayu dengan pasokan oksigen yang lebih rendah.

Ingatlah bahwa filter ini sangat berbeda dalam hal efektivitasnya. Beberapa menghilangkan klorin dan meningkatkan rasa dan bau. Beberapa menghilangkan kontaminan termasuk asbes, timbal, merkuri, dan senyawa organik yang mudah menguap, atau VOC. Namun, filter ini tidak menghilangkan polutan anorganik yang umum seperti arsenik, fluorida, kromium heksavalen, nitrat, dan perklorat. Selain itu, filter jenis ini tidak ideal untuk menangani kekerasan seperti logam berat kapur, nitrat, fluor, mikroba, dan natrium.

Reverse Osmosis

Proses reverse osmosis melibatkan memaksa air yang terkontaminasi melewati membran pada tekanan tertentu, memungkinkan air melewatinya, namun kontaminan di dalam air tertinggal.

Intinya, Anda membuat air berlawanan dengan kecenderungan alaminya, untuk memaksa kontaminan keluar dari sumber air. Air yang tidak disaring dipompa masuk melalui membran plastik dan air bersih melewati membran dengan tekanan, dan filter atau membran semipermeabel tersebut akan memisahkan kontaminan di dalam air.

Selain itu, konsumen harus menyadari bahwa sistem reverse osmosis membuang banyak air, mereka biasanya menggunakan air tiga hingga 20 kali lebih banyak daripada yang mereka hasilkan.

Distillation

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menjernihkan air. Distillation mencakup perebusan air tetapi kemudian mengambil langkah lebih jauh untuk menjamin kemurnian. Pertama, Anda merebus air untuk menghasilkan uap. Kemudian Anda menangkap uap dari air mendidih dan menyimpannya di wadah berbeda. Metode ini tidak hanya menghilangkan bakteri, tetapi karena air mendidih pada suhu yang jauh lebih rendah dibandingkan zat berbahaya seperti logam berat beracun, bakteri tersebut akan tertinggal saat uap terpisah dan mendidih, sehingga Anda mendapatkan air bersih.

sumber : cacciaplumbing.com

Categories: Informasi

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder